Sunday 2 December 2007

Bila menghadapi desainer dan kontraktor bermasalah...

Dalam sebuah proyek, apapun 'proyek tersebut', mulai dari acara ulang-tahun, perkawinan, presentasi marketing, seminar, konser musik dan lainnya, pasti ada kesalahan yang kita buat. Terkadang masalah tersebut minor, terkadang masalah tersebut sangat besar dan merugikan.

Termasuk ketika kita membangun rumah kita...

Bila kita menemukan masalah tersebut, langkah yang bijaksana adalah:
- Cari tahu apa dasar penyebabnya, bukan letak kesalahannya, bukan 'orang'nya, namun apa situasi dan kondisi yang menyebabkan terjadi permasalahan tersebut.
- Pikirkan, apakah kesalah tersebut dapat diperbaiki? bagaimana dampak perbaikan tersebut?
- Hindari 'blame game', proyek rumah tinggal adalah proyek bersama, tidak ada yang mau hasilnya jelek, saya bisa pastikan itu. Bila ada kesalahan, walau bukan di'pihak kita', namun pada satu sisi kita juga ada didalamnya, apakah karena kita memilih orang yang salah, apakah kita tidak memberikan warning sebelumnya, atau kah kita sendiri juga yang 'memberi kesempatan' pihak lain membuat kesalahan...

Dan bila hal ini terjadi, bicarakan baik-baik dan cari solusinya. Fokus kepada bagaimana 'masalah/kesalahan' ini dapat diperbaiki. Dan yang terpenting dalam menghadapi 'manusia' adalah:

Motivasi-kan. Kata-kata bijaksana, justru tidak hanya dapat menyelesaikan masalah, namun bisa membuat hasilnya lebih baik dari yang kita rencanakan.

"Saya berikan anda kesempatan kedua, saya percaya niat anda baik, dan saya mengerti kesalahan pasti ada, dan saya yakin anda mempunyai kemampuan lebih dari yang saya harapkan..."