Saturday 26 January 2008

Semua 'ada harganya'...









Pada suatu saat ketika saya sedang mengawasi proyek interior sebuah kantor, sang owner mengajak saya berkeliling melihat 'kantor2' lainnya. Ada beberapa dari kantor yang ada digedung itu didesain dengan baik, namun memang ada beberapa dari kantor tersebut yang, terkesan istimewa.

Sang klien berkata dengan saya "kantor itu bagus sekali". Dan saya harus mengakui bahwa desain kantor tersebut jelas lebih 'menawan' dari kantor2 lainnya. Walau secara 'desain' kantor lainnya tidak kalah atau juga didesain dengan baik. Lalu, apa yang membuat kantor ini tampil lebih baik?

Better Material Quality.

Desain dapat membuat sesuatu yang sederhana menjadi lebih menarik. Namun desain dengan dukungan material yang baik,dapat membuat sebuah karya menjadi fantastik.

Ferrari, Porsche, BMW, Mercedes Benz menghasilkan mobil2 yang istimewa. Apple Computer menawarkan produk yang 'istimewa'.

Persamaannya adalah - better material = expensive.

Kita dapat beragumen bahwa 'itulah gunanya desainer' membuat desain dengan biaya murah namun istimewa. Bila memang 100% sang desainer dapat menyulap hal itu, lalu mengapa sepatu kulit terkesan lebih baik dari canvas? mengapa desain cincin yang 'heboh' dikalahkan oleh satu butir berlian? Mengapa tas plastik tidak akan pernah semahal tas kulit buaya?

sad but true. ada uang, ada barang. Cost memang tetap memegang peranan penting.

Ingin tahu mengapa toko Apple terlihat lebih keren dari toko2 lainnya? klik disini
.