Monday 28 April 2008

It's the layout.....stupid.

waduh, judul diatas memang terkesan...kasar sekali ya..

tetapi mungkin memang kita perlu 'warning' yang agak keras untuk benar-benar memahami tentang mendesain rumah yang baik. Memang banyak hal yang juga penting bila kita sedang mendesain rumah tinggal kita, tampak bangunan penting, sturktur yang baik juga penting namun dari berbagai hal yang penting-penting tersebut, tetap, layout rumah adalah yang terpenting...mengapa?

Kita harus kembalikan lagi ke tujuan kita membangun rumah, yaitu untuk berfungsi dengan baik sebagai wadah kita beraktifitas sehari-hari, sebuah shelter.

Ibaratnya seperti ini, apa gunanya sebuah mobil mewah yang tidak bisa berfungsi dengan baik?
apa gunanya sepatu mahal yang kesempitan?
apa gunanya televisi besar tanpa sinyal tv/video?

Sebelum kita melanjut membahas/membangun rumah kita, pastikan, layout rumah tinggal kita nantinya, sesuai dengan fungsinya dengan jelas.

Mungkin kita kesulitan untuk 'memaksakan' sang arsitek untuk mengikuti selera kita; mungkin kita sulit untuk meminta pembangunan yang lebih cepat kepada kontraktor kita.

Tetapi bila kita berhadapan dengan layout rumah yang 'aneh' atau dirasa tidak berfungsi semestinya, yang harus kita lakukan sebagai pemilik rumah adalah bersikap "ini rumah saya, dan saya ingin rumah ini berfungsi sebagaimana mustinya".

Bila sang arsitek bersikeras untuk memaksakan kehendaknya. Sudah saatnya anda mencari arsitek lain....

It's the layout stupid.