Sunday 24 February 2008

Rumah Harian, dan Rumah Pesta...













Rumah memang didesain agar berfungsi untuk kebutuhan kita sehari-hari, tidur, bekerja, belajar, bermain, makan, menonton tv dan lain sebagainya. Namun tentu kita juga melakukan hal yang 'istimewa' di hari-hari spesial, seperti; Ulang Tahun, Hari Raya, Rapat Keluarga Besar, Arisan dan acara-acara lain yang mengundang banyak orang, dengan kata lain; Sebuah Pesta.

Untuk itu, kita harus secara sadar selalu menyiapkan rumah kita agar selalu 'siap' untuk berubah pada acara-acara tersebut.

Pencahayaan: Rencanakan pencahayaan menjadi 2-3 tipe;
1. Pencahayaan Harian; Fokus kepada terang yang cukup, terutama untuk membaca. Dan juga perhatikan penggunaan beban listrik yang ekonomis.
2. Pencahayaan Dramatik: Fokus kepada keindahan, dimana bisa kita gunakan untuk saat-saat rileks dan intim, juga baik untuk menerima teman dekat/acara sosial kecil.
3. Pencahaayaan Totall Fokus kepada penerangan yang meriah dan terang, yang kita gunakan pada saat pesta dan acara keluarga besar.

Interior:
Begitu juga dengan interior dan layout ruangan, persiapkan/rencanakan sebelumnya bagaimana posisi sofa/meja/kursi/lemari bila suatu saat nanti, ruangan tersebut akan digunakan untuk pesta. Bila kita termasuk orang yang sering mengadakan pesta, hindari menggunakan perabot yang berat, fokus kepada furnitur yang ringan dan mudah digeser....

Untuk yang sering mengundang anak-anak kecil, sebaiknya juga diperhatikan posisi benda yang gampang pecah atau kotor...

Selamat berpesta!