Thursday 21 February 2008

Rumah Tumbuh...



















Rumah memang mahal. Untuk siapapun juga.

Terkadang kita mempunyai budget yang terbatas, namun kebutuhan kita tinggi. Mungkin saat ini kita terpaksa menggunakan solusi "rumah tumbuh".

Rumah tumbuh = staging development.

Ada 2 tipe rumah tumbuh, tumbuh ke 'atas' dan tumbuh ke 'samping'.

Tumbuh ke atas artinya kita akan membangun lantai lain diatas bangunan yang sudah ada, biasanya untuk tanah yang terbatas luasnya. Tidak ada jalan lain kecuali membangun ke 'atas'.

Tumbuh ke samping artinya tanah kita masih ada 'sisa' untuk dibangun, perluasan. Tidak ada penambahan ke atas, karena tanah kita masih cukup luas.

Yang terpenting bila kita mengambil jalur ini adalah, rencanakan dari awal. Siapkan struktur yang sanggup menahan penambahan keatas dari awal. Dan siapkan 'lubang akses'/pintu ke bangunan disamping bila kita suatu saat nanti akan memperluas ke 'samping'.

Ada pengertian lain untuk stanging development, untuk kita yang mempunyai dana terbatas. Buatlah exterior rumah yang simple, kuat dan tidak bocor. Dana kita saat ini justru di fokuskan ke interior. Toh selama ini kita lebih sering berada di dalam rumah bukan? biar suatu saat nanti bila ada dana lagi, elemen 'hiasan' exterior bisa kita perbaiki dan dipercantik. Salah satu kelebihan cara ini adalah, pekerjaan eksterior tetap dapat dilaksanakan ketika kita tinggal didalam rumah tersebut, tidak akan menggangu aktifitas kita sehari-hari...