Wednesday 28 February 2007

Cek Budget anda..seriously.

Dibeberapa rumah tinggal yang saya desain, saya cukup bersyukur mempunyai klien yang tidak membatasi dalam segi pembiayaan. Walau tetap bekerja dalam rencana pembiayaan yang terukur, selalu ada rasa "aman" apabila dalam perjalanan saya mendesain, saya tambahkan beberapa elemen yang pada akhirnya mau tidak mau membebani rencana tersebut. Saya beruntung karena klien sayaselalu menyanggupi perkembangan biaya tersebut. That's good for both of us.

Namun, sudah tentu saya tidak selalu mempunyai klien yang seperti itu. Pernah salah satu klien saya dengan tegas berkata;

"hanya segini uang saya, lebih sedikit saja, saya benar-benar tidak sanggup".

Pada saat itu pula saya dengan team kontraktor benar-benar berhati-hati dalam menghitung biaya bangunan ini, dengan sangat sadar kita berusaha menghitung biaya pembangunan sesuai dengan anggaran, atau bila perlu lebih rendah dari yang kita rencanakan. Good for both of us.

Namun, sepanjang pembangunan, selalu ada saja perkembangan yang tak terduga. Hal yang kecil yang kita terlewati mulai bermunculan, yang pada satu ketika mulai menjadi beban terselubung.

Dengan kita selalu meninjau proyek dalam segi pembiayaan, kita dapat mengerem biaya-biaya tidak terduga tersebut, atau dengan sadar mengetahui apa-apa saja yang telah membengkak dan secepatnya mengambil keputusan untuk meninjau kembalik apa-apa saja yang belum dikerjakan untuk memenuhi sisa budget tersebut.

Ada baiknya kita tidak terburu-buru dalam membangun rumah; Cepat bukan berarti terburu-buru. Bila saat ini anda sedang 'asik-asiknya' membangun, saya anjurkan, berhenti sejenak. Ambil nafas dan evaluasi hasil kerja kontraktor dan pengeluaran yang telah dilakukan.

Jangan membangun rumah karena faktor emosional, ingin cepat-cepat selesai. Anda akan kecewa pada akhirnya bila biaya dan kualitas pembangunan tidak seperti yang anda harapkan; ketika rumah sudah jadi, ketika adrenalin membangun sudah hilang, setelah "house warming" diadakan, baru pada saat itu anda melihat dengan jelas, apakah proyek ini berjalan dengan baik, atau tidak.

Selamatkan proyek anda, sekarang juga.