Tuesday 27 February 2007

Kinerja Desainer...

Bagaimana anda tahu bahwa desainer anda bekerja dengan baik? dari mana benchmark yang bisa kita pakai dalam menilainya?

Tidak ada, dan kemungkinan besar, anda tidak akan pernah tahu.

Mengapa? karena tidak ada proyek yang sama, dan tidak mungkin terdapat 2 desainer dalam 1 jenis proyek yang sama. Jadi membandingkan desainer A dan B, bukan perkara mudah.

Itu sebabnya diskusi mengenai "Pembalap Formula 1 terbaik sepanjang masa" tidak pernah tuntas, karena, memang hampir sulit diketahui, karena setiap kendaraan; walau dari team yang sama, tetap berbeda, apalagi untuk mengetahui kemampuan rivalnya...mobil berbeda, kondisi track yang berbeda, teknologi yang berbeda.

Apakah desainer yang baik adalah seorang yang membuat anda senang?
Apakah desainer yang baik adalah seorang yang menuruti kemauan anda?
Apakah desainer yang baik adalah seorang yang ternama? apakah karena desainnya bagus? apakah yang bisa menghemat uang anda?

Ada beberapa cerita yang saya dengar; Si A itu desainnya bagus, tapi orangnya cerewet. Si B itu baik orangnya tapi kaku dan gak kreatif, si C itu ngambekan tapi desainnya keren, si D itu memang bagus tapi biayanya membengkak sekali, si E itu kata orang desainnya bagus tapi saya tidak nyaman menempatinya. dsb

Lalu bagaimana cara menilainya? saran saya, kita kembalikan lagi ke pertanyaan awal; apa yang menjadi prioritas anda, tentu kita ingin segalanya namun kita juga perlu tahu, kita tidak mungkin mendapatkannya. Selalu ada yang akan di korbankan, menjadi 2nd priority, atau yang di anggap kekurangan yang dapat di "lupakan".

Kita kembalikan ke pertanyaan awal; mengapa saya ingin si A untuk menjadi desainer pilihan saya.

;-)