Thursday 8 November 2007

Dinding Polos Eksterior....









(Foto desain karya ARX PORTUGAL )

Kita mungkin melihat mulai berkembangnya arsitektur modernism di tanah air, dengan ciri 'khas' dinding polos dengan finishing cat.

Memang terlihat bagus dan keren, terutama pada saat desainer memberikan presentasi dan ketika rumah baru saja selesai, namun finishing cat dan bahkan metal cladding, punya kelemahan yang signifikan, yaitu masalah 'kebersihan'

Mungkin karena udara tropis, mungkin juga karena polusi, dinding tersebut sangat cepat menjadi kotor, sedangkan desain yang modern, sangat menuntut kondisi 'prima' atau clean.

Desain dengan style modern/minimalis, mungkin dapat di ibaratkan peralatan 'gadget' elektronik dirumah kita, mobile phone, notebook computer, mp3 player, semua berdesain modern, namun, satu 'baret' saja, merusak penampilan gadget tersebut.

Pada akhirnya kita dituntut untuk kerap mencat rumah tersebut agar selalu tampil prima.

Lalu apakah ada solusi lainnya? mungkin finishing batu alam atau kaca bisa menjadi pilihan. Karena sifat batu alam yang alami, sehingga bila didesain dengan baik, kadang semakin 'kotor' justru semakin 'alami' atau kaca, yang tidak akan 'rusak' dimakan waktu. Rumah anda tetap clean sehingga desain modern/minimalis akan tetap 'fresh'