Monday 5 November 2007

Tentang Fengshui...

Mungkin saya tidak perlu cerita banyak tentang 'apa itu Fengshui' yang saya anggap pada saat ini sudah cukup banyak orang yang tahu/lebih tahu dari saya. Yang menjadi fokus adalah:

Apakah saya perlu Fengshui?

Saya selalu mengingatkan kepada klien, bila ingin menerapkannya di rumah anda, pilihannya mungkin ada dua:

Ikuti basic rules, atau Ikuti semua rules.

Intinya, bila rencananya adalah mengikuti basic rules, maka tidak perlu kita bicarakan lebih detail, atau 'meyakinkan' orang lain bahwa rumah ini telah ber'fengshui'. Yang ada adalah munculnya komentar yang 'tidak perlu' atau perdebatan dari yang 'merasa mengerti Fengshui' . Bayangkan bila setelah rumah anda jadi (ini kasus yang terjadi sebenarnya) muncul komentar seperti ini:

Dengan model atap seperti ini, anda bisa bercerai dalam waktu dekat
Kamar seperti ini sangat jelek dan bisa mendatangkan malapetaka
Dapur seperti ini membuat anda kehilangan rejeki

Sementara rumah anda telah selesai dibangun dengan biaya yang tidak sedikit, akibatnya anda tidak akan pernah bahagia, dan resah terus menerus...

Di sisi lain, bila anda tertarik dengan Fengshui, pastikan anda memiliki Fengshui consultant yang baik , bila sang Fengshui master ini ber latar belakang arsitek, jelas lebih baik lagi. Karena saya sering bertemu dengan Fengshui master yang justru 'hanya bisa memberi tahu masalah' namun 'bukan bagian dari solusi', Fengshui master yang baik, adalah orang yang juga mengerti sisi arsitektural yang baik.

Selamat ber-Fengshui...