Wednesday 14 November 2007

Mengatur Penampilan...

"si Raul 'pasti' desainnya bagus, karena saya lihat dia baik cara berpakaiannya, bila orang bisa berpenampilan baik, pasti dia bisa mendesain dengan baik" begitu kata 'ibunda' teman saya, mungkin sekitar 20 tahun yang lalu...

Mungkin beliau kaget bila saat ini justru saya bernampilan sangat informal, salah satunya adalah karena saya berganti-ganti 'environment' setiap saat, pagi ke kantor, siang lunch dengan teman, sore ke proyek yang berdebu, malam acara fine dining, larut malam, well, clubbing. Dan saya tidak pernah sempat 'ganti baju'.

Tulisan ini jelas bukan tentang saya, namun kita semua, dimana, cara kita berpenampilan, pada dasarnya kita melakukan 'keputusan desain'. Mana yang cocok dengan suasanya, warna mana yang bisa mix, mana yang bisa norak, mana yang santai, apakah kita bernampilan untuk bersantai, atau formal. Apakah kita untuk memperlihatkan kesederhanaan, atau kan menunjukkan keberhasilan kita...

Begitu juga tentang Rumah Tinggal kita, kita harus menentukan 'sifat' dari rumah tersebut;
  • Apakah Rumah ini untuk menunjukkan keberhasilan kita?
  • Apakah Ruman ini untuk kita tinggalkan dengan nyaman dan santai?
  • Apakah dengan dana terbatas kita ingin berpenampilan maksimal?
Berikut tulisan mengenai 'trik' agar rumah kita terkesan mewah dan baik, dengan menerapkan manajemen penggunaan material sesuai dengan fungsinya, bila dana kita terbatas.

Baca disini, Harian Fajar. (anehnya saya lupa bila saya pernah diwawancara, tapi ketika baca, isinya memang seperti apa yang ada dibenak saya)