Thursday 4 October 2007

Apa yang penting oleh desainer, belum tentu sama dengan anda...















Mathematical Joke..(wikipedia)

Joke #1:
Person 1: What's the integral of 1/cabin?
Person 2: Log cabin.
Person 1: No, a houseboat – you forgot to add the c!
Joke #2:
Why do mathematicians think Halloween and Christmas are the same?
Because 31 Oct = 25 Dec.
Well, selamat buat anda yang tertawa dengan joke tersebut, you must be very lonely.. ;-)

Bila anda mathematician (?) maka kedua joke diatas akan membuat anda terpingkal-pingkal, sementara buat "orang awam" ...well..'gak ada rasanya'..

Yang 'lucu' buat mathematician, belum tentu buat anda...

maka..

Yang penting buat desainer belum tentu penting buat anda, begitu juga sebaliknya.

Bila anda sedang membangun rumah anda, pastikan, apa yang terpenting buat anda dapat dimengerti oleh desainer, seperti:

"yang penting rumah ini berfungsi dan tidak bocor, masalah model gimana saya terserah anda.."
"yang penting renovasi rumah ini bertahan paling tidak 5 tahun saja, sesudah itu saya mau bangun baru"
"yang penting rumah ini selesai sebelum tahun baru, saya harus mengadakan pesta saat itu"
"yang penting rumah ini didesain sehingga 'orang bule' yang mau sewa senang.."
"yang penting masuk budget saya, lebih sedikit saja, saya tidak punya uang lagi.."

karena desainer punya 'kepentingan lain' seperti:
"yang penting buat saya (desainer) rumah ini keren dan masuk portfolio saya"
"yang penting rumah ini bagus bila difoto sekarang"
"yang penting rumah ini memakai material a,b,c.."
"yang penting rumah ini jadi secepatnya, biar saya bisa mengerjakan proyek lain"

well, of course yang terpenting dari semuanya adalah balance kepentingan...dan komunikasikan dengan jelas, karena, kepentingan anda sebagai pemilik rumah, akan dapat dijadikan tolok ukur sukses atau tidaknya proyek anda.

Karena, desainer terkadang hidup dalam dunianya sendiri, sehingga cara sudut pandangnya berbeda dengan anda, begitu juga sebaliknya.

***kenapa 31 oct = 25 dec? karena..."oct" in October and octal, and "dec" in December and decimal....ngerti gak?