Sunday 7 October 2007

Rumah untuk di jual?

Pertanyaan: Mengapa orang membeli jam tangan Rolex?

- Karena bila saya membelinya, orang tahu saya mampu mempunyai jam mahal - Gengsi
- Karena jam tangan ini saya harap bertahan lama - Reability
- Karena saya memang memerlukan jam tangan - Fungsi
- Karena bila saya perlu uang, jam ini gampang saya jual - Likuid

Lalu bagaimana dengan rumah yang anda bangun? apakah telah memiliki ke 4 unsur ini? Gengsi/Image, Reabilitas/Kekuatan, Fungsi/Fasilitas dan Likuiditas/Selera Pasar...

Memang ke 4 point ini saling berkaitan, dan alangkah baiknya bila proyek kita memilikinya, namun bila 'ada keterbatasan', sebaiknya anda melihat 'target market' dari rumah anda itu sendiri..

Apakah kira-kira calon pembeli mementingkan...

Gengsi = Biasanya tipe mereka ingin menempatinya, sebagai rumah utama mereka...
Fungsi = Biasanya tipe pembeli ini mengangap ini adalah rumah sementara, sampai mereka dapat membangun rumah idamannya suatu saat nanti...
Likuid/gampang dijual = Tipe pembeli yang hanya ingin berinvestasi...
Reabilitas = Hampir sama dengan kebutuhan fungsi, namun melihatnya dalam jangka waktu yang panjang/tipe penghuni yang 'tidak mau pusing'...

Bila kondisi anda dalam membantu merasa terbatas, ada baiknya anda fokus dalam kepentingan-kepentingan ini.

Gengsi = Dapat diciptakan dengan menggunakan desainer yang baik
Fungsi = Peran anda sebagai owner harus kritis dalam menentukan fungsi ini
Reabilitas = Carilah kontraktor yang baik dan dalam pengawasan kerja yang ketat, dan material yang baik
Likuid = Usahakan selera pasar, hindari desain yang unik.

Keypoint:

Desain yang unik, anda akan sulit menjualnya, namun bila tidak terburu-buru menjualnya, anda dapat mempunyai kemungkinan menjual diatas harga pasar.

Desain yang selera umum, anda dapat menjualnya dalam waktu yang cepat, namun harga pun terpaksa bersaing karena "proyek tetangga" juga memiliki desain dan fungsi yang sama = perang harga.

Bila pada anda melihat peluang calon pembeli mementingkan investasi, atau akan dikontrakkan, fokus kepada tampak muka yang menarik dan reabilitas, sementara interior dapat anda 'turun'kan kualitasnya karena "toh nanti akan rusak juga/bila saya nanti akan memakainya sendiri, interior akan saya rombak lagi"...

Tetapi bila anda ingin memulai bisnis ini, dan mencari reputasi, pastikan ke 4 points diatas menjadi fokus anda, bagaimana caranya?

Persiapkan "kriteria" atau "quality check" list di notebook anda, sebelum anda memulainya, dan gunakan list tersebut sebagai evaluasi ketika bangunan anda selesai terbangun, untuk memahami kelebihan dan kekurangan proyek anda ini. Tonjolkan kelebihan proyek ini, sebagai daya tarik proyek anda, dan arahkan market sesuai dengan kelebihan proyek anda.

Ingat, anda tidak akan mungkin memenuhi semua yang 'pasar' inginkan, anyway, selama jumlah rumah yang anda bangun sangat kecil, sooner or later, pasti akan menemukan pembelinya..

Good Luck!