Monday 11 December 2006

Involvement...

membangun rumah adalah sebuah 'proyek besar' anda, dan seperti proyek-proyek anda di kantor, anda harus menentukan sejauh mana "keikutsertaan" anda dalam proyek ini. Apakah anda tipe pemimpin yang ingin terlibat langsung, atau hanya ingin memantau secara umum, apakah termasuk yang melihat hasilnya saja. Yang jelas, banyak hal yang akan berpengaruh dari involvement anda terhadap proyek ini. Pastikan team anda: arsitek dan konsultan lainnya, serta kontraktor, mengerti kira-kira sejauh mana anda terlibat diproyek ini.

Bila anda mempercayakan semuanya kepada team anda, pastikan dengan jelas "rambu-rambu" atau target yang ingin dicapai (tidak bisa dengan hanya berkata "saya ingin bagus"), benchmark dari anda harus jelas, sehingga team anda mempunyai keyakinan dan target yang jelas.

Bila anda tipe yang lebih suka laporan mingguan, maka hendaklah diperjelas tipe laporannya, dan siap-siap untuk mengambil keputusan disetiap meeting itu...

Bila anda tipe yang ingin mengontrol lebih dekat proyek ini, maka pastikan waktu yang anda punya benar-benar dapat anda 'curah'kan untuk proyek ini...

Berilah keputusan yang jelas, dan delegasikan pekerjaan yang kepada team yang anda percayai.

Proyek rumah tinggal anda adalah hasil dari kerja team yang jelas dan kompak, dan komitmen anda kepada proyek ini sama pentingnya dengan komitmen kerja team ini.