Thursday 7 December 2006

Tips = Layout Denah dan Gaya Hidup anda...

Dalam mendesain denah rumah anda, pastikan ada sampaikan (setelah didiskusikan dengan anggota keluarga) "gaya hidup" anda kepada sang Arsitek. Hal ini sangat diperlukan, karena tidak semua keluarga mempunyai gaya hidup yang sama, ada tipe formal, ada tipe informal, ada yang sangat mementingkan privacy, ada yang sangat terbuka, juga latar belakang dan kelas rumah menentukan denah tersebut. Rumah untuk disewakan kepada diplomat atau pejabat, tentu berbeda misalnya untuk rumah "professional biasa", dimana sisi formalitas justru memengang peranan tinggi.

Sayangnya memang anda harus mempercayai kepada Arsitek anda dalam mengungkapkan "kebiasaan-kebiasaan" yang "tidak biasa" dari anda dan anggota keluarga anda, well, walaupun untuk Arsitek yang berpengalaman, tentu juga jeli dapat melihat hal tersebut, jadi ada baiknya menjelaskan kepada sang Arsitek sehingga rumah anda benar-benar nyaman dan sesuai dengan diri anda sendiri, sehingga tidak merasa "asing dirumah sendiri"...

oh, btw, rumah saya sendiri, tidak memiliki ruang tamu, why? karena tamu saya lebih senang bertemu saya di Pondok Indah Mall ;-)